
KPU Boyolali Menghadiri Asistensi Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah
KPU Kabupaten Boyolali menghadiri kegiatan Asistensi Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 29 Agustus 2023, bertempat di Kantor KPU Kabupaten Karanganyar yang beralamat di Jl. Tentara Pelajar, Tegalasri, Bejen, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.
Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh admin website resmi 14 satker KPU Kab/Kota secara luring serta Ketua dan Sekretaris secara daring. Asistensi ini memiliki tujuan utama untuk membantu jajaran KPU Kab/Kota dalam memahami dan mematuhi standar layanan serta prosedur penyelesaian sengketa informasi pemilu yang ditetapkan dalam Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2019, serta Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2015.
Kegiatan dipandu oleh tim yang terdiri dari Kadiv. Sosdiklihparmas, Eni Misdayani didampingi oleh Kabag Parhumas, Dewantoputra Adhipermana, serta jajaran Sekretariat. Dalam sambutannya, Eni menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota bersama-sama mengkaji hasil monitoring dan evaluasi website resmi tahap I oleh Komisi Informasi dan asistensi ini merupakan langkah untuk memastikan bahwa semua informasi publik yang relevan telah diunggah dengan benar dan tepat waktu. Eni berharap agar hasil asistensi ini bisa ditindaklanjuti dengan baik, karena sudah menjadi kewajiban KPU sebagai Badan Publik untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara transparan dan akuntabel.
Dalam sesi asistensi yang dipimpin oleh Dewantoputra Adhipermana, para peserta diminta untuk membuka masing-masing website resmi satker dan melakukan pengecekan terhadap kelengkapan informasi publik yang tersedia di website resmi; Dalam hal ini, KPU Kabupaten Boyolali perlu menindaklanjuti hasil asistensi dengan menghimpun data-data atau dokumen yang dapat dipublikasikan ke dalam website resmi agar lebih informatif.